PENGERTIAN-PENGERTIAN :

  • SMB = Seleksi Mahasiswa Baru. Merupakan jalur seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh POLBAN
  • Kelompok Bidang Studi Rekayasa adalah penggabungan Jurusan/Program Studi Teknik.
  • Kelompok Bidang Studi Non Rekayasa adalah penggabungan Jurusan/Program Studi Non Teknik.

KETENTUAN UMUM :

Setiap calon pendaftar wajib membaca dan memahami informasi di bawah ini sebelum melakukan pembayaran biaya ujian seleksi dan pendaftaran sebagai peserta seleksi calon mahasiswa secara online:

  1. Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Tulis Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) tidak tergabung dalam Ujian Masuk Politeknik Nasional /UMPN.
  2. POLBAN tidak menyelenggarakan program BIDIK MISI dalam Seleksi Mahasiswa Baru (SMB) Jalur Ujian Tulis, karena Program Bidik Misi POLBAN tergabung dalam jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK- BM POLBAN) yang pelaksanaannya sudah selesai tanggal 29 Mei 2015.
  3. Sebelum melakukan pendaftaran Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Tulis, calon pendaftar harus sudah mengetahui dan membaca penjelasan mengenai program studi yang ada di POLBAN sebagai dasar menentukan pilihan. Informasi mengenai program studi yang diselenggarakan di Polban dapat diperoleh melalui laman http://www.polban.ac.id.
  4. Jalur reguler Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Tulis untuk tahun 2015 adalah jalur seleksi untuk 36 program studi D3 dan D4 yang ada di POLBAN.
  5. Pendaftaran jalur reguler Ujian Tulis yang dapat dipilih adalah:
    1. 2 pilihan (2 program studi Kelompok Rekayasa atau 2 program studi Kelompok Non Rekayasa)
    2. 4 pilihan (2 program studi Kelompok Rekayasa dan 2 program studi Kelompok Non Rekayasa)
    3. Aptitude test (Wajib, hanya bagi pendaftar yang memilih Program Studi Teknik Informatika)
  6. Biaya Pendaftaran Ujian Tulis POLBAN, adalah :
    1. Rp.150.000,00 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk 2 Pilihan Program Studi  
    2. Rp.300.000,00 (Tiga Ratus Ribu Rupiah) untuk 4 Pilihan Program Studi
    3. Rp.125.000,00 (Seratus Dua Puluh Lima Ribu Rupiah) untuk Aptitude test, husus bagi pendaftar yang memilih program studiD3 atau D4 Teknik Informatika.
  7. Pembayaran biaya pendaftaran jalur ujian tulis POLBAN hanya bisa dilakukan secara TUNAI LANGSUNG melalui teller di seluruh Cabang/Capem/Kantor Kas BANK BRI di seluruh Indonesia (Tidak bisa dilakukan melalui Transfer ATM, Internet Banking, Mobile Banking).
  8. Untuk pembayaran biaya pendaftaran ujian seleksi jalur ujian tertulis POLBAN di BANK BRI tidak diperlukan nomor rekening tujuan, dikarenakan pembayaran dilakukan melalui PORTAL. 
    Note : Pastikan teller sudah mengetahui tentang PORTAL pembayaran biaya pendaftaran jalur ujian tulis POLBAN tahun 2015. Apabila teller tidak mengetahui PORTAL SMB POLBAN, silahkan meminta teller tersebut menghubungi BRI PUSAT.
  9. Dalam melakukan pembayaran, calon pendaftar menginformasikan kategori pendaftaran (kelas khusus Program Studi D3 Aeronautika, 2 pilihan Program Studi atau 4 pilihan Program Studi) kepada teller, khusus bagi calon pendaftar yang salah satu pilihan Program Studinya adalah D3 atau D4 Teknik Informatika, wajib melakukan penambahan pembayaran biaya  APTITUDE TEST dengan menyebutkan kategori formulir APTITUDE TEST.
  10. Setelah transaksi melalui portal berhasil, maka pendaftar akan mendapatkan bukti bayar beserta nomor  pendaftaran dan PIN dari teller.
  11. Pendaftar yang melakukan pembayaran Aptitude test akan mendapatkan juga nomor pendaftaran dan PIN untuk aptitude test
    Note: Pastikan nomor pendaftaran dan PIN yang diterima dari petugas bank sudah terbaca dengan baik angka dan hurufnya
  12. Biaya Pendidikan di POLBAN merupakan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sehingga peserta yang dinyatakan lulus ujian seleksi POLBAN hanya membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester yang besarannya ditentukan oleh besarnya penghasilan orang tua dibagi dengan jumlah tanggungan anggota keluarga yang menjadi tanggungan (Ayah, Ibu, anak yang menjadi tanggungan). Kelompok Uang Kuliah Tunggal /UKT adalah sebagai berikut:
  13. UANG KULIAH TUNGGALDIII
    NON REKAYASA
    DIII
    REKAYASA
    DIV
    NON REKAYASA
    DIV
    REKAYASA
    Kelompok 1Rp. 500.000,-Rp. 500.000,-Rp. 500.000,-Rp. 500.000,-
    Kelompok 2Rp. 1.000.000,-Rp. 1.000.000,-Rp. 1.000.000,-Rp. 1.000.000,-
    Kelompok 3Rp. 3.000.000,-Rp. 4.000.000,-Rp. 3.500.000,-Rp. 4.500.000,-
    Kelompok 4Rp. 3.500.000,-Rp. 5.500.000,-Rp. 4.000.000,-Rp. 6.000.000,-
    Kelompok 5Rp. 5.000.000,-Rp. 6.500.000,-Rp. 5.500.000,-Rp. 7.000.000,-
    Kelompok 6Rp. 6.000.000,-Rp. 7.500.000,-Rp. 6.500.000,-Rp. 8.000.000,-
    Kelompok 7Rp. 7.000.000,-Rp. 8.500.000,-Rp. 7.500.000,-Rp. 9.000.000,-
    Kelompok 8Rp. 8.000.000,-Rp. 9.500.000,-Rp. 8.500.000,-Rp. 10.000.000,-
  14. Persyaratan khusus bagi calon pendaftar yang memilih kelompok 1 dan 2 sudah mengetahui dan memenuhi persyaratan d ibawah ini:
    1. Kuota calon mahasiswa baru uang kuliah tunggal kelompok 1 adalah 36 orang untuk seluruh program studi atau satu orang per program studi
    2. Kuota calon mahasiswa baru uang kuliah tunggal kelompok 2 adalah 36 orang untuk seluruh program studi atau satu orang per program studi
    3. Kriteria khusus bagi peserta yang memilih uang kuliah kelompok 1 dan 2 :
      1. Kurang mampu secara ekonomi, yaitu pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar-besarnya Rp. 3.000.000,- per bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah tanggungan sebesar-besarnya Rp. 750.000,- per bulan. Hal ini dibuktikan dengan mengunggah surat keterangan penghasilan yang telah disahkan oleh kantor tempat bekerja bagi yang bekerja di sektor formal atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW bagi yang bekerja di sektor informal
      2. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (strata 1) atau D4 (Diploma IV)
  15. Untuk peserta yang dinyatakan lulus pada penetapan kelompok UKT 1 dan 2 wajib melakukan proses wawancara bersama orang tua yang jadwalnya akan ditentukan kemudian
  16. Pemilihan Program Studi dan Kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan satu kesatuan utuh yang tidak bisa dipisahkan/satu paket. Sehingga apabila pendaftar dinyatakan tidak lolos seleksi dengan pilihan program studi dan kelompok UKT nya tidak dapat dipindahkan pada program studi dan atau kelompok lainnya.
  17. Urutan pilihan program studi merupakan prioritas, sehingga pastikan pilihan 1 adalah yang menjadi prioritas pertama.
  18. Proses seleksi dilakukan melalui jalur ujian sehingga yang menentukan kelulusan adalah perolehan nilai dari hasil ujian bukan dari pilihan kelompok biaya terbesar.
  19. Khusus bagi pendaftar yang memilih bidang rekayasa wajib mempersiapkan surat keterangan TIDAK BUTA WARNA dan discan dengan type file image(jpg) maksimal 1MB. 
    Note: Penderita BUTA WARNA PARSIAL tidak bisa memilih bidang rekayasa
  20. Persyaratan Daftar Online:
    1. Nomor pendaftaran dan PIN
    2. Softcopy pas photo 4X6 terbaru berwarna (Background biru) dalam format file jpg (Maks 1MB)
    3. Softcopy Kartu Keluarga dalam format file jpg (maks 1MB)
    4. Softcopy slip gaji/Surat keterangan penghasilan Ayah dalam format file jpg (maks 1MB)
    5. Softcopy slip gaji/Surat keterangan penghasilan Ibu(apabila bekerja) dalam format file jpg (maks 1MB)
    6. Softcopy surat keterangan tidak buta warna dalam format file jpg (Maks 1MB)
  21. Setelah pendaftaran online berhasil dilakukan, pendaftar akan mencetak sendiri kartu ujian. Pada kartu ujian sudah terdapat informasi data diri, waktu pelaksanaan ujian, lokasi ujian dan pilihan program studi dan perlengkapan ujian yang harus dibawa.
  22. Segala bentuk kesalahan teknis/human error dari pendaftar diluar tanggung jawab panitia. Pastikan pendaftar sudah melakukan pendaftaran sesuai dengan prosedur dan mengisi formulir dengan benar.

MATERI UJIAN :

  1. Materi yang diujikan untuk Bidang Studi Rekayasa adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika dan Kimia
  2. Materi yang diujikan untuk Bidang Studi Non Rekayasa adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPS (Ekonomi dan Akuntansi)
  3. Materi Bidang Studi Rekayasa akan diujikan pagi hari dan materi Bidang Studi Non Rekayasa akan diujikan siang hari pada hari yang sama

Current Server Time: