SELEKSI MAHASISWA BARU (SMB) POLITEKNIK NEGERI BANDUNG

Politeknik Negeri Bandung (Polban) telah berumur kurang lebih 39 tahun. Organisasinya telah berkembang pesat, yaitu telah memiliki 10 Jurusan, 38 program studi yang terdiri dari 18 program studi jenjang Diploma III, 18 program studi jenjang Diploma IV, dan 2 program studi jenjang Magister Terapan. Politeknik Negeri Bandung merupakan politeknik terbesar di Indonesia dengan jumlah mahasiswa mencapai kurang lebih 5.900 orang.

Pada tahun akademik 2021/2022, Polban menerima mahasiswa baru sebanyak 1906 orang untuk jenjang D3 dan D4. Penerimaan mahasiswa baru Polban dilakukan melalui 3 jalur seleksi, yaitu:

  1. Jalur Undangan/Prestasi (kuota 25 %)
  2. Jalur Ujian Bersama (kuota 45 %)
  3. Jalur Ujian Mandiri (kuota 30 %)

Untuk Jalur Undangan dan Prestasi, Polban bersama sama dengan politeknik negeri se Indonesia yang tergabung dalam Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia (FDPNI), menyelenggarakan jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN). Jalur SNMPN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia untuk jenjang pendidikan program Diploma 3 (D3/Ahli Madya). Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Untuk jenjang pendidikan program Diploma 4 (D4/Sarjana Terapan), Jalur Undangan dan Prestasi dilaksanakan bersama sama dengan seluruh perguruan tinggi negeri se Indonesia melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Untuk Jalur Ujian, Politeknik menyelenggarakan Jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri SBMPN untuk jenjang program Diploma 3 (D3/Ahli Madya), yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi ujian bersama. Pendaftar yang dapat mengikuti ujian ini adalah siswa lulusan tahun 2019, 2020 dan 2021 dari Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah dan berusia maksimum 24 (dua puluh empat) tahun pada tanggal 10 Juni 2021. Untuk peminat jenjang pendidikan program Diploma 4 (D4/Sarjana Terapan), pendaftar dapat mengikuti jalur ini melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), melalui LTMPT.

Jalur SMBM adalah jalur seleksi ketiga di Politeknik Negeri Bandung, dan merupakan kegiatan seleksi yang dilakukan secara mandiri oleh Politeknik Negeri Bandung, dan dilaksanakan melalui seleksi nilai UTBK yang dikeluarkan oleh LTMPT.

JALUR UNDANGAN / PRESTASI

Terdapat dua penerimaan melalui jalur undangan atau prestasi di Politeknik Negeri Bandung, yaitu:

  1. Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) merupakan penerimaan jalur undangan yang diperuntukkan bagi siswa SLTA lulusan pada tahun 2021, yang akan melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Melalui penerimaan jalur SNMPN tahun 2021, pendaftar hanya dapat memilih Program Studi jenjang Diploma 3 (Ahli Madya). Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SNMPN dapat diakses melalui laman https://smb.polban.ac.id/snmpn
  2. Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang diselenggarakan oleh LTMPT, merupakan penerimaan jalur undangan yang diperuntukkan bagi siswa SLTA lulusan pada tahun 2021, yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Melalui jalur ini, untuk Politeknik Negeri Bandung, pendaftar hanya dapat memilih Program Studi jenjang Diploma 4 (Sarjana Terapan). Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SNMPTN dapat diakses melalui laman https://www.ltmpt.ac.id/

Jalur SNMPN maupun SNMPTN mengakomodir calon peserta/siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dengan prestasi yang baik melalui mekanisme Kartu Indonesia Pintar untuk Kuliah (KIP-Kuliah). Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara mandiri oleh peserta melalui laman: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Para Pendaftar harus memperhatikan jadwal bukan saja yang telah ditentukan oleh Panitia SNMPN/SNMPTN, tetapi juga oleh Politeknik Negeri Bandung, karena ada ketentuan yang bersifat khusus yang harus diikuti oleh pemilih Polban sebagai pilihan pertama.

JALUR UJIAN

Penerimaan melalui jalur Ujian masuk Politeknik Negeri Bandung, yaitu:

  1. Jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) merupakan penerimaan jalur Ujian yang dilaksanakan berasama sama dengan politeknik negeri lainnya se Indonesia. Ujian ini diperuntukkan bagi siswa SLTA lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021, yang akan melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Melalui penerimaan jalur SBMPN tahun 2021, pendaftar hanya dapat memilih Program Studi jenjang Diploma 3 (D3/Ahli Madya). Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SBMPN dapat diakses melalui laman https://smb.polban.ac.id/sbmpn, selanjutnya pendaftar akan diarahkan untuk memasukkan data secara on-line. Jadwal tentatif pelaksanaan ujian SBMPN Polban mengikuti jadwal dari FDPNI yaitu tanggal 12 Juni 2021. Namun demikian, apabila ternyata ujian tidak dapat dilaksanakan disebabkan oleh pandemi, jadwal dan teknis pelaksanaan ujian akan ditentukan kemudian.
  2. Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang diselenggarakan oleh LTMPT, merupakan penerimaan jalur undangan yang diperuntukkan bagi siswa SLTA yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Melalui jalur seleksi ini, untuk Politeknik Negeri Bandung, pendaftar hanya dapat memilih Program Studi jenjang Diploma 4 (D4/Sarjana Terapan). Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SBMPTN dapat diakses melalui laman https://www.ltmpt.ac.id/.

Jalur SBMPN maupun SBMPTN mengakomodir calon peserta/siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dengan prestasi yang baik melalui mekanisme Kartu Indonesia Pintar untuk Kuliah (KIP-Kuliah). Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara mandiri oleh peserta melalui laman: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Para Pendaftar harus memperhatikan jadwal bukan saja yang telah ditentukan oleh Panitia SBMPN/SBMPTN, tetapi juga oleh Politeknik Negeri Bandung, karena ada ketentuan yang bersifat khusus yang harus diikuti oleh pemilih Polban sebagai pilihan pertama.

JALUR UJIAN MANDIRI

Seleksi Mahasiswa Baru Mandiri Polban (SMBM-Polban) adalah jalur penerimaan mahasiswa Politeknik Negeri Bandung untuk Program Studi jenjang Diploma 3 (Ahli Madya) maupun jenjang Diploma 4 (Sarjana Terapan).

Jalur SMBM-Polban, selain peserta melalui UKT (Uang Kuliah Tunggal), juga mengakomodir calon peserta/siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dengan prestasi yang baik melalui mekanisme Kartu Indonesia Pintar untuk Kuliah (KIP-Kuliah). Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara mandiri oleh peserta melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Pendaftaran Jalur SMBM-Polban dilakukan melalui laman https://smb.polban.ac.id/smbm

Metoda seleksi SMBM Polban menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilaksanakan oleh Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sehingga apabila anda berminat untuk mengikuti SMBM Polban, anda diwajibkan mengikuti UTBK-LTMPT.

Jadwal pelaksanaan SMBM-Polban akan diumumkan kemudian.